Bi Jelaskan Soal Uang Digital, Apa Bedanya Dengan Uang Elektronik?

No Comments

Dengan demikian, e-money dapat digunakan sebagai alat bayar untuk sejumlah produk dan layanan nilai elektronik yang lebih spesifik. Penyedia layanan yang mengeluarkan e-money sebagai aksesori untuk bisnis intinya, yaitu perusahaan telepon genggam, perusahaan angkutan umum, dll. Secara sederhana, uang elektronik didefinisikan sebagai alat pembayaran dalam bentuk elektronik dimana nilai uangnya disimpan dalam media elektronik tertentu.

Dengan saldo yang lebih besar, e-wallet bisa memenuhi kebutuhan transaksi seperti ini. Sebelumnya, pastikan agar ponsel dalam kondisi menyala karena sebagai penghubung dengan server.

Bahkan isi ulang e-Money juga kini diatur oleh Bank Indonesia. Resminya, peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 19/10/PADG/ 2017 yang diterbitkan tanggal 20 September 2017. Isinya membahas tentang biaya tambahan yang ditentukan BI setiap isi ulang saldo e-Money. Hampir sama dengan e-Wallet lainnya, CIMB Niaga juga memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan melalui produk ini. Beragam transaksi belanja online bisa dilakukan dengan Rekening Ponsel, hal ini tentu dibarengi dengan berbagai promotion dan juga cashback yang dikeluarkan oleh gerai companion.

GoPay juga tercatat sebagai dompet elektronik dengan pengguna organik terbanyak meski paling sedikit memberikan promosi. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah merinci pekerja official dan informal yang dirumahkan mencapai lebih dari 1,5 juta orang pada pertengahan April 2020. BNI terus bergerak untuk mendukung pelaku UMKM dalam mengatasi lesunya penjualan di tengah masa pandemi Covid-19 dengan pemasaran berbasis electronic. terus memperluas akses layanan keuangan melalui agen branchless banking, yakni AgenBRILink. Indonesia menjadi solusi finansial yang nyaman digunakan untuk mengatur transaksi keuangan sehari-hari dan menjadi jawaban bagi para smart spender. Jika pemain memenangkan sebuah turnamen Mobile Premier Organization atau MPL maka akan mendapatkan hadiah uang elektronik yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat umumnya lebih dahulu mengetahui keberadaan uang elektronik atau e-money sebagai salah satu cara pembayaran non tunai. Kemudian muncullah dompet electronic di Indonesia yang sebenarnya masih menjadi bagian dari e-money, namun tentunya dengan ada perbedaan antara keduanya. E-money berbentuk chip yang ditanam pada kartu atau media lain. Sedangkan, dompet electronic atau e-wallet berbentuk uang elektronik yang berada di server atau dengan kata lain web server based. Jadi, dalam penggunaannya harus tekoneksi terlebih dahulu dengan server penerbit. Uang elektronik atau e-moneymerupakan alat pembayaran non tunai, dimana nilai uangnya disimpan secara elektronik dalam media server atau chip yang bisa dipindahkan untuk kepentingan transfer dana atau transaksi pembayaran.

uang elektronik

Dengan dibatasi hanya sampai Rp10 juta saja, tidak memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melebihi jumlah tersebut. Baik uang elektronik ataupun dompet digital lebih aman digunakan oleh masyarakat karena proses pembayaran yang dilakukan relatif cepat. Pengguna juga tidak perlu repot menyiapkan uang pecahan untuk digunakan sebagai kembalian dari transaksi yang dilakukan karena sudah otomatis terpotong dari saldo. Transaksi yang dilakukan semudah melakukan klik pada layar smartphone Anda. Perbedaan ketiga ada pada jumlah saldo maksimal antara keduanya. Pada e-money Anda hanya dapat mengisi saldo maksimal sebesar Rp1 juta saja. Sedangkan untuk dompet digital, saldo maksimalnya bisa mencapai Rp10 juta.

Istilah dompet digunakan karena kartu atau telepon dianggap sebagai pengganti uang tunai yang biasanya dibawa di dompet seseorang. Di tahun-tahun terakhir, inovasi pada instrumen pembayaran elektronis dengan menggunakan kartu telah berkembang menjadi bentuk yang lebih praktis. Saat ini di Indonesia sedang berkembang suatu instrumen pembayaran yang dikenal dengan uang elektronik. Tingginya penggunaan uang elektronik membuat maraknya penipuan lewat dunia cyber juga. Pencurian information, pencurian uang lewat elektronik, semua itu harus diantisipasi. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk berinovasi dalam sistem cyber dan menggalakkan polisi cyber. Bagi pengguna uang elektronik, akan banyak efisiensi yang dilakukan.

Pembayaran elektronik dimaksudkan sebagai alat pembayaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi seperti Integrated circuit, cryptography dan jaringan komunikasi. e-Money adalah alat pembayaran yang memiliki nilai uang yang tersimpan secara elektronik dalam suatu media web server atau chip. e-Money dapat digunakan untuk berbagai macam jenis pembayaran seperti membayar tiket transportasi umum, tarif jalan tol dan berbelanja di toko yang bekerja sama dengan penerbit e-Money.

Categories: Elektronik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *