10+ Nama-Nama Komponen Mesin Diesel Secara Detail

Komponen Mesin Diesel

Anak otomotif tentu sudah sering mendengar istilah komponen mesin diesel. Ya, mesin diesel sering digunakan pada kapal selam, lokomotif maupun truk. Bagi orang awam, mesin diesel diketahui sebagai jenis pembangkit listrik saja. Biasanya digunakan saat acara-acara besar demi menghindari terjadinya pemadaman listrik.

Pada dasarnya mesin diesel ini memiliki banyak komponen dan fungsinya masing-masing. Jika Anda adalah seseorang yang baru mempelajari dunia otomotif termasuk dunia mesin diesel ini maka ada baiknya mengetahui komponen-komponen mesin diesel beserta fungsinya. Komponen inilah yang akan membuat diesel bisa menjadi faktor kenapa mobil bisa bergerak.

Detail Nama-Nama Komponen Mesin Diesel

komponen mesin diesel konvensional

Fuel Tank

Mengenal Fuel tank, ini adalah komponen yang menjadi wadah untuk meletakkan bahan bakar yang digunakan saat menyalurkan bahan bakar yang dibutuhkan oleh mesin diesel. Biasanya fuel tank juga disebut sebagai tangki bahan bakar bensin.

Feed Pump atau Pompa Penyalur

Feed pump sering juga disebut sebagai pompa penyalur. Fungsi utamanya ialah untuk mengalirkan bahan bakar dengan cara memompa bahan bakar ke bagian pompa injeksi. Seperti mesin bubut, bertugas sebagai dasar cylinder dalam mengembalikan tekanan dan menyuplai tenaga ke komponen lain.

Fuel Filter

Pada umumnya fuel filter ini terdiri atas dua bagian yaitu bagian sebelum feed pump yang telah dilengkapi oleh water sedimenter yang berfungsi sebagai pemisah air dalam sistem bahan bakar serta fuel filter yang merupakan saringan bahan bakar. Fungsi utama dari fuel filter ini ialah untuk melindungi mutu bahan bakar agar selalu bersih sehingga tidak menghalangi aliran bahan bakar.

Injection Pump

Fungsi utama dari pompa injection pump ini ialah sebagai penambah desakan atau tekanan sehingga bahan bakar solar lebih mudah dikabutkan oleh nozzle. Komponen ini sebagai starter injeksikan ke rotary, menyemprotkan atau sebagai injektor.

Automatic Timer

Automatic timer adalah alat yang terdapat di bagian injection pump di mana alat ini berhubungan dengan bagian timing gear. Adapun timing gear ini memiliki fungsi untuk memajukan waktu injeksi sesuai dengan putaran motor mesin. Menggunakan komponen ini untuk menghindari tenaga konvensional.

Governor

Komponen mesin diesel selanjutnya ialah governor. Governor ini terletak di bagian belakang injection pump. Fungsi utama dari governor ini ialah sebagai pengatur jumlah injeksi bahan bakar yang disesuaikan dengan pembebanan motor.

Pengabut (Nozzle)

Pengabut atau sering juga disebut nozzle merupakan bagian yang sangat penting pula di dalam mesin diesel. Adapun fungsi dari nozzle ini ialah untuk mengabutkan bahan bakar sehingga lebih mudah tercampur dengan oksigen. Nozzle ini juga akan memudahkan proses pembakaran yang terjadi di dalam silinder.

Pipa Desakan Tinggi

Komponen selanjutnya ialah pipa desakan tinggi yang memiliki bahan yang terbuat dari baja. Adapun fungsi dari pipa desakan tinggi ini ialah untuk mengalirkan bahan bakar bertekanan tinggi dari bagian injection pump ke masing-masing nozzle.

Busi Pijar atau Busi Pemanas (Glow Plug)

Komponen Mesin Diesel

Glow plug ini sering juga disebut sebagai busi pijar ataupun busi pemanas. Fungsinya ialah untuk memanaskan ruangan pre chamber pada saat akan mulai start. Proses bekerjanya ialah dengan mengubah daya listrik yang berasal dari battery yang kemudian diubah menjadi daya panas.

Battery (Aki)

Aki termasuk bagian yang sangat krusial di dalam mesin diesel. Aki inilah yang menjadi sumber utama daya listrik yang akan mengalirkan daya yang dibutuhkan oleh glow plug. Tipe aki agak berbeda pada umumnya, karena tidak terpengaruh berapa tak mesin diproduksi.

Kunci Kontak (Ignition Switch)

Adapun kunci kontak atau igniton switch merupakan bagian dari mesin diesel yang mempunyai fungsi sebagai saklar utama pada kendaraan di mana saklar tersebut akan memutus dan juga menghubungkan daya listrik.

Relay

Komponen mesin diesel yang terakhir disebut dengan relay. Relay ini memiliki fungsi utama untuk mengamankan dan mengatur waktu area pre chamber yang akan dipanaskan. Nama lain rail, lihat gambar pada artikel diatas, untuk lebih jelas coba cek gambarnya lebih fokus.

Categories: Mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *